Khasiat dari Buah Pisang yang Perlu Diketahui

Minggu 26-06-2022,20:24 WIB
Reporter : Fitriyanaanugrah
Editor : Fitriyanaanugrah

Buah pisang pasti sering di  konsumsi oleh setiap orang, selain  mengenyangkan ternyata buah ini menyimpan segudang khasiat.

Buah pisang dapat diolah dengan  beragam cara, baik itu dikukus, di goreng ataupun di konsumsi  secara langsung.

Ada beberapa  penelitian menunjukan khasiat yang begitu besar dari buah yang bernama ilmiah  Musa ini, lantas apa saja manfaatnya?

Dilansir dari The Healthy pada Kamis 17 Februari 2022, berikut ini segudang manfaat dari buah pisang.

1. Pisang mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Food Chemistry, pisang mengandung  antioksidan yang berguna untuk kekebalan tubuh kita, manfaat antioksidan bagi tubuh adalah untuk  melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, radikal bebas adalah zat yang terbentuk secara alami saat terjadi proses metabolisme di dalam tubuh.

2. Buah pisang memiliki serat yang memperlambat pencernaan untuk membantu tubuh kita merasa kenyang lebih lama

Dalam American Journal of Clinical Nutrition, Buah pisang selalu  direkomendasikan  bagi setiap orang yang hendak melakukan  diet , hal ini disebabkan  kandung  serta dan potassium dari buah pisang yang membuat kita merasa  kenyang  lebih lama.

3. Buah pisang sangat berguna bagi kesehatan usus kita

Ada sebuah penelitian baru-baru ini menambahkan khasiat dari buah pisang, sebagai  serat prebiotik dapat memberi makan  bakteri baik usus kita dan meningkatkan pencernaan yang sehat.

Selain buah pisang, prebiotik ini ditemukan secara  alami di banyak sayuran,  buah-buahan, dan biji-bijian, termasuk bawang merah, bawang putih, apel, asparagus, dandelion hijau, dan artichoke Yerusalem.

4. Pisang sebagai makanan otak

Ahli diet  terdaftar di University of Vermont Medical Center, Emily Clairmont mengatakan ada banyak penelitian yang mengungkapkan  kedekatan antara otak dan usus kita.

Para peneliti menjelaskan bahwa  perubahan pada mikrobioma usus dapat  memodifikasi komunikasi ke otak, lalu perubahan itu dapat mengubah otak dengan baik saat mengirimkan  informasi kepada usus kita.

Mikrobioma sendiri adalah seluruh  mikroba yang hidup di tubuh manusia, hewan dan tumbuhan. Terdiri dari  bakteri, archae, virus dan jamur. (red)

Tags :
Kategori :

Terkait