Pahami 5 Strategi Pengembangan UMKM yang Efektif Saat Ini

Kamis 23-06-2022,19:03 WIB
Reporter : Rita ariyanti
Editor : Rita ariyanti

Saat ini mengembangkan UMKM sangat perlu dilakukan terutama sejak memasuki era digital. Pemerintah pun tidak main-main dalam memaksimalkan pengembangan UMKM dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Banyak pengusaha UMKM yang diajak untuk menjalankan bisnisnya secara digital. Lalu, seperti apa strategi pengembangan UMKM yang efektif di era digital saat ini?

Inilah strategi yang perlu diterapkan agar siap menjadi UMKM di era digital:

1. Menggunakan Influencer

Influencer adalah orang yang mempunyai pendapat atau suara yang dapat digunakan untuk menyampaikan sesuatu. Nilai dari seorang influencer biasanya dilihat dari berapa banyak followersnya dan seberapa besar pengaruh dari influencer itu sendiri terhadap para pengikutnya.

Kekuatan suara yang dimiliki influencer ini dapat dijadikan sebagai salah satu strategi pengembangan UMKM. Pelaku bisnis bisa bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produknya agar bisa mendapat perhatian pengguna media sosial dan menambah kepercayaan konsumen.

2. Memanfaatkan Media Sosial

UMKM juga perlu memakai strategi pengembangan dengan menggunakan media sosial. Sekarang ini sudah tidak bisa dipungkiri kalau medsos menjadi tempat untuk mempromosikan dan mengenalkan produk pada konsumen yang cukup efektif. Membuat konten yang menarik dan diposting di medsos akan memudahkan proses promosi. Akan lebih banyak orang yang bisa mengenal produk baru dan peluang untuk mendapatkan konsumen baru setiap harinya juga akan lebih besar.

3. Membuat Website

Untuk UMKM yang ingin memasuki ranah digital, wajib untuk membuat sebuah website. Selain untuk mempromosikan produk, website juga menjadi salah satu aspek penting dalam mendapatkan kepercayaan pelanggan. Bisnis yang memiliki situs resmi dan juga media sosial dianggap lebih kredibel. Calon konsumen juga bisa lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, seperti cara pembelian, kontek yang bisa dihubungi, sampai review produk atau jasa terkait.

Agar website bisnis senantiasa memiliki kinerja dan akses yang optimal, Anda membutuhkan layanan hosting yang tepat seperti misalnya webhosting Niagahoster. Fitur yang disediakan oleh pihak Niagahoster akan sangat membantu pelaku bisnis dalam mengembangkan bisnisnya secara digital. Apalagi ada layanan CS 24 jam yang siap membantu pemilik bisnis jika mengalami kendala pada website mereka.

4. Google Bisnis

Selain membuat website, memanfaatkan fitur yang ada di Google juga akan membantu pengembangan UMKM di era digital lebih mudah. Ada fitur yang disebut dengan Google Bisnisku dimana ini memang sengaja dibuat untuk para pelaku bisnis dalam memberikan informasi bisnis yang dijalankan kepada konsumen.

Pelanggan akan mudah menemukan letak bisnis yang sudah didaftarkan pada fitur ini. Tak hanya itu ada juga kolom review yang bisa digunakan konsumen sebagai pertimbangan apakah produk maupun jasa yang dicari sesuai kebutuhan atau tidak, berkualitas atau tidak, dan sebagainya.

Paling penting dari fitur ini, usaha yang didaftarkan pada Google Bisnisku maka secara otomatis akan terdeteksi di Google Map. Hal tersebut memudahkan pelanggan dalam mencari tahu lokasi dan juga mengenal usaha terkait.

5. Email Marketing

Kategori :