AI Bigbox Bantu Fintech Verifikasi Identitas Pelanggan dengan eKYC yang Andal
AI Bigbox Bantu Fintech Verifikasi Identitas Pelanggan dengan eKYC yang Andal--Istimewa
RADAR JABAR, Jakarta - Penerapan Electronic Know Your Customer (e-KYC) menjadi semakin penting dalam layanan jasa keuangan. Hal ini disebabkan regulasi mewajibkan adanya verifikasi identitas untuk menjamin keamanan transaksi, terlebih layanan pembayaran online.
Contohnya, pada layanan yang berhubungan langsung dengan pengelolaan uang elektronik, dompet digital, maupun transfer dana yang disediakan oleh perusahaan Financial Technology (Fintech).
e-KYC juga berperan penting dalam memastikan sistem hanya bisa diakses oleh pihak yang sah dan terverifikasi, sehingga dapat mengurangi risiko penipuan ataupun penyalahgunaan.
Kini proses e-KYC dapat didukung oleh AI BigBox dari Telkom Solution yang merupakan bagian dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).
BACA JUGA:Telkom Solution Raih Penghargaan Best Digital Solution for Enterprise Business dari CNBC Indonesia
BACA JUGA:Telkom Dorong Inovasi AI Berkelanjutan Melalui AI Center of Excellence
AI BigBox menyediakan tiga kapabilitas utama dalam meningkatkan proses e-KYC. Pertama, Optical Character Recognition atau OCR yang mampu mengekstrak data KTP menjadi format digital secara otomatis.
Kedua, Face Liveness Detection yang dapat memverifikasi keaslian wajah pengguna. Ketiga, Face Similarity untuk mencocokkan wajah pengguna dengan foto pada KTP sehingga memastikan kesesuaian identitas.
Salah satu fintech yang telah memanfaatkan AI BigBox dalam proses e-KYC adalah PT Bimasakti Multi Sinergi (Bimasakti). Sebagai perusahaan Fintech yang berfokus pada layanan pembayaran elektronik (e-payment), Bimasakti membutuhkan proses e-KYC yang cepat dan andal.
Hal ini karena penerapan proses e-KYC di Bimasakti menjadi kunci dalam menjaga kepercayaan dan keamanan pengguna sekaligus untuk mendukung layanan yang lebih optimal.
BACA JUGA:Inovasi Aplikasi Cegah Stunting dari Telkom Raih IDX Channel Award 2025
BACA JUGA:Sumbangsih Telkom Cegah Stunting lewat Aplikasi di Desa Domiyang Pekalongan
Layanan AI BigBox mampu mengotomatisasi proses verifikasi identitas, meningkatkan kecepatan, dan akurasi e-KYC di Bimasakti.
“Sejak memanfaatkan AI BigBox, proses e-KYC kami menjadi lebih cepat dan akurat, memungkinkan onboarding pelanggan dalam hitungan menit sekaligus berdampak positif terhadap efisiensi administrasi dan operasional perusahaan secara signifikan,” ungkap E-Payment Solution Manager Bimasakti Rizal Mashuri.
Sumber: