Khasiat dari Buah Pisang yang Perlu Diketahui

Khasiat dari Buah Pisang yang Perlu Diketahui

--

Buah pisang pasti sering di konsumsi oleh setiap orang, selain mengenyangkan ternyata buah ini menyimpan segudang khasiat.

Buah pisang dapat diolah dengan beragam cara, baik itu dikukus, di goreng ataupun di konsumsi secara langsung.

Ada beberapa penelitian menunjukan khasiat yang begitu besar dari buah yang bernama ilmiah Musa ini, lantas apa saja manfaatnya?

Dilansir dari The Healthy pada Kamis 17 Februari 2022, berikut ini segudang manfaat dari buah pisang.

1. Pisang mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Food Chemistry, pisang mengandung antioksidan yang berguna untuk kekebalan tubuh kita, manfaat antioksidan bagi tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, radikal bebas adalah zat yang terbentuk secara alami saat terjadi proses metabolisme di dalam tubuh.

2. Buah pisang memiliki serat yang memperlambat pencernaan untuk membantu tubuh kita merasa kenyang lebih lama

Dalam American Journal of Clinical Nutrition, Buah pisang selalu direkomendasikan bagi setiap orang yang hendak melakukan diet, hal ini disebabkan kandung serta dan potassium dari buah pisang yang membuat kita merasa kenyang lebih lama.

3. Buah pisang sangat berguna bagi kesehatan usus kita

Ada sebuah penelitian baru-baru ini menambahkan khasiat dari buah pisang, sebagai serat prebiotik dapat memberi makan bakteri baik usus kita dan meningkatkan pencernaan yang sehat.

Selain buah pisang, prebiotik ini ditemukan secara alami di banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, termasuk bawang merah, bawang putih, apel, asparagus, dandelion hijau, dan artichoke Yerusalem.

4. Pisang sebagai makanan otak

Ahli diet terdaftar di University of Vermont Medical Center, Emily Clairmont mengatakan ada banyak penelitian yang mengungkapkan kedekatan antara otak dan usus kita.

Para peneliti menjelaskan bahwa perubahan pada mikrobioma usus dapat memodifikasi komunikasi ke otak, lalu perubahan itu dapat mengubah otak dengan baik saat mengirimkan informasi kepada usus kita.

Mikrobioma sendiri adalah seluruh mikroba yang hidup di tubuh manusia, hewan dan tumbuhan. Terdiri dari bakteri, archae, virus dan jamur. (red)

Sumber: